Socialization of the Dangers of Sleeping Late Due to Gaming Addiction: Efforts to Increase Digital Wellness Awareness in SMPN 4 Bontolempangan SATAP Ma'Lengu Students

Authors

  • Arga Arga Universitas Pejuang Republik Indonesia Author
  • Muhammad Arkanul Arba Universitas Pejuang Republik Indonesia Author
  • Siti Nurhalizah Mutia Aulria Universitas Pejuang Republik Indonesia Author
  • Charmila Tandi Rerung Universitas Pejuang Republik Indonesia Author
  • Wahyu Rahmatullah Universitas Pejuang Republik Indonesia Author
  • Suriani Bana SMPN 4 Bontolempangan SATAP Ma'Lengu Author

Keywords:

Gaming Addiction, Digital Wellness, Kualitas Tidur, Kesehatan Mental

Abstract

Sosialisasi bahaya tidur terlambat akibat gaming addiction di SMPN 4 Bontolempangan SATAP Ma'Lengu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang dampak negatif penggunaan gadget berlebihan untuk bermain game terhadap kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan. Kegiatan ini menyediakan platform bagi siswa untuk memahami konsep digital wellness, mengenali tanda-tanda gaming addiction, mempelajari strategi manajemen waktu digital yang sehat, memahami pentingnya sleep hygiene, serta mengembangkan kebiasaan penggunaan gadget yang bertanggung jawab. Melalui sosialisasi ini, diharapkan siswa dapat mengurangi waktu bermain game yang berlebihan, memperbaiki kualitas tidur, meningkatkan prestasi akademik, dan menciptakan keseimbangan yang sehat antara aktivitas digital dan kehidupan nyata di lingkungan sekolah dan rumah.

References

Arba, M. A., Rerung, C. T., Hasanuddin, M. I., & Hasyim, M. Q. (2025). Pelatihan Sepak Bola Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Kerjasama Tim di Kalangan Siswa SD Negeri 156 Buntu. Jurnal Perjuangan dan Pengabdian Masyarakat: JPPM, 1(1), 26-34.

Aulria, S. N. M. (2025). Evaluasi Program Latihan Renang terhadap Peningkatan Prestasi Atlet Usia Dini di Club Garuda Laut Makassar. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PEJUANG), 1(2), 30-39.

Badar, M., Nasir, M., Kasim, A. I., Tinri, M. D. N., & Fitri, R. (2025). Transformasi Ekonomi Lokal Melalui E-Commerce di Desa Parak Kepulauan Selayar. Jurnal Perjuangan dan Pengabdian Masyarakat: JPPM, 1(1), 17-25.

Badar, M., Nasir, M., Timur, I., Zulfaidah, Z., & Hajrah, H. (2025). Creative Economy Literacy: Strategies for Improving Digital Entrepreneurship Competency for Millennials and Gen Z. Jurnal Perjuangan dan Pengabdian Masyarakat: JPPM, 1(2), 51-59.

Badwi, A., Arba, M. A., Rahmatullah, W., Rerung, C. T., Aulria, S. N. M., Arga, A., & Hasran, H. (2025). Socialization of Petanque Sports at SMAS YASPIB Bontolempangan Gowa. Jurnal Perjuangan dan Pengabdian Masyarakat: JPPM, 1(2), 1-8.

Dewi, S., Rahman, M., & Kusuma, P. (2023). Dampak Blue Light Terhadap Kualitas Tidur Remaja di Era Digital. Jurnal Kesehatan Remaja, 15(2), 89-102.

Fitriani, L., & Setiawan, A. (2023). Gaming Addiction dan Prestasi Akademik: Studi pada Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Psikologi Pendidikan, 18(4), 234-248.

Nugroho, D., Sari, R., & Pratiwi, M. (2025). Digital Wellness Program untuk Remaja: Pendekatan Holistik dalam Pendidikan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 45-59.

Pratama, B., Wijaya, S., & Lestari, N. (2024). Sleep Hygiene dan Academic Performance: Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Kesehatan, 12(3), 178-192.

Rahman, F., & Kusuma, H. (2024). Circadian Rhythm Disruption Akibat Excessive Screen Time pada Adolescent. Jurnal Neurologi Anak, 9(2), 67-81.

Rerung, C. T., Aulria, S. N. M., Hudain, M. A., & Mappaompo, M. A. (2025). Pelatihan Teknik Dasar Taekwondo untuk Meningkatkan Motorik dan Percaya Diri Siswa SDN Inpres 127 Moncongloe. Jurnal Perjuangan dan Pengabdian Masyarakat: JPPM, 1(1), 35-42.

Sari, A., & Wijaya, T. (2024). Gaming Disorder pada Remaja: Prevalensi dan Faktor Risiko di Indonesia. Jurnal Psikiatri Indonesia, 21(1), 123-137.

Tinri, M. D. N., Anas, F., Arga, A., Rahmatullah, W., & Aulria, S. N. M. (2024). Penyuluhan Pengelolaan Konflik Sosial Masyarakat Rentan: Membangun Keluarga yang Sehat dan Produktif di Kecamatan Tallo Kota Makassar. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 291-298.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Socialization of the Dangers of Sleeping Late Due to Gaming Addiction: Efforts to Increase Digital Wellness Awareness in SMPN 4 Bontolempangan SATAP Ma’Lengu Students. (2025). Jurnal Perjuangan Dan Pengabdian Masyarakat: JPPM, 1(3), 21-29. https://journalpejuang.web.id/index.php/perjuanganpengabdian/article/view/41

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.